Diberdayakan oleh Blogger.

Sertifikasi Microsoft Klasik

By Dewa Y  |  00.23

Beberapa title sertifikasi Microsoft berikut materi ujiannya tidak akan dirilis lagi oleh Microsoft. Beberapa kalangan IT menyebutnya dengan nama sertifikasi klasik. Program sertifikasi klasik ini secara bertahap akan digantikan dengan program sertifikasi yang baru yang disebut dengan New Generation Certification

Namun walaupun tidak akan diperpanjang lagi, pemegang title sertifikasi klasik tetap mendapatkan pengakuan dari Microsoft untuk skill dan kompetensi yang mereka miliki, mengingat masih banyaknya penggunaan teknologi Microsoft terdahulu terutama di kalangan bisnis / perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa titel dalam model sertifikasi Microsoft klasik.

MCP (Microsoft Certified Professional): Titel ini diberikan jika kita telah melewati 1 ujian.

MCDST (Microsoft Certified Desktop Support Technician): Materi ujiannya berhubungan dengan kompetensi seorang technical support dalam menyelesaikan berbagai masalah pada sistem operasi Windows XP serta aplikasinya. Untuk mendapatkan titel ini kita harus melewati 2 kali ujian.

MCSA (Microsoft Certified Systems Administrator): Materi ujiannya berhubungan dengan administrasi sistem berbasis Windows 2000 Server atau Windows Server 2003 yang biasa dilakukan oleh seorang administrator jaringan. Untuk mendapatkan titel ini kita harus mengikuti 4 kali ujian. Ada 2 titel lanjutan setelah MCSA yang merupakan titel spesialisasi, yaitu MCSA Messaging dan MCSA Security.  

MCSE (Microsoft Certified Systems Engineer): Level tertinggi untuk sertifikasi Microsoft dalam bidang jaringan berbasis Windows Server. Materinya menitikberatkan pada perancangan serta implementasi infrastruktur jaringan berbasis Windows Server, baik untuk perusahaan kecil, menengah hingga enterprise. Awalnya sertifikasi ini mengacu pada Windows NT 4.0 kemudian digantikan oleh Windows 2000 Server dan terakhir adalah Windows Server 2003. Untuk mendapatkan title ini kita diharuskan untuk melewati 7 kali ujian. Dan seperti halnya MCSA, title MCSE juga mengenal titel spesialiasi yaitu MCSE Messaging dan MCSE Security.  

MCAD (Microsoft Certified Application Developer): Level menengah untuk sertifikasi dalam bidang programming berbasis Visual Studio. Versi terakhir untuk titel ini mengacu pada teknologi .NET Framework 1.0 dan 1.1. Untuk mendapatkan title ini kita diharuskan untuk melewati 3 kali ujian.

MCSD (Microsoft Certified Solution Developer): Level tertinggi untuk sertifikasi dalam bidang programming berbasis Visual Studio. Sama halnya dengan titel MCAD, versi terakhir untuk titel ini juga mengacu pada teknologi .NET Framework 1.0 dan 1.1. Untuk mendapatkan title ini kita diharuskan untuk melewati 5 kali ujian.

MCDBA (Microsoft Certified Database Administrator): Materinya berhubungan dengan implementasi database berbasis Microsoft SQL Server berikut administrasinya yang biasa dilakukan oleh seorang database administrator. Versi terakhir dari title ini mengacu pada SQL Server 2000. Untuk mendapatkan title ini kita diharuskan untuk melewati 4 kali ujian.

Core dan Elective Exam
Rangkaian ujian yang harus dilewati pada beberapa titel tertentu terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:
  • Core Exam – Ujian utama yang sudah menjadi ketentuan untuk mendapatkan titel tersebut.
  • Elective Exam – Ujian pilihan, yaitu terdapat beberapa pilihan materi ujian yang bebas kita tentukan sendiri dari daftar ujian yang disediakan Microsoft. 
Sebagai contoh, untuk mendapatkan titel MCSA, kita diharuskan untuk melewati 3 kali ujian utama (core exam) dan 1 kali ujian dengan materi pilihan (elective exam). Sehingga totalnya adalah 4 kali ujian.

Author: Dewa Y

Representative Office (Jakarta) Jl. Basuki Rachmat 8C-D - Jakarta 13320 - Indonesia Fax: 0218573508 Email: yuniardi@ebiz.co.id Mobile: 0815 115 89 555 - 0811 920 7595 WA : 08788 9292 982 PIN : 79F52F73

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2015 Pelatihan Microsoft Office | Distributed By My Blogger Themes | Created By BloggerTheme9
TOP