Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenal Sertifikasi Microsoft

By Dewa Y  |  00.10

Secara garis besar, sertifikasi Microsoft adalah suatu bentuk penghargaan dari Microsoft kepada seseorang yang dianggap memiliki kompetensi terhadap teknologi Microsoft tertentu. Sertifikasi ini bisa didapatkan oleh siapapun dan salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengikuti exam atau ujian khusus yang dikembangkan oleh Microsoft.

Materi ujian tentu saja berhubungan dengan teknologi dari Microsoft. Cakupannya luas dan beragam, mulai dari bidang sistem operasi, database, pemrograman hingga security.

Setiap materi ujian diberi kode dan judul tertentu serta dikelompokan kedalam bidangnya masing-masing. Contoh struktur penamaan materi ujian berikut kodenya adalah sebagai berikut.

070-270: Installing, Configuring & Administering Windows XP Professional

Keterangan:
  • Kode ujian: 070-270
  • Materi / judul ujian: Installing, Configuring & Administering Windows XP Professional
Dari judul ujian tersebut setidaknya kita sudah bisa mengetahui gambaran materi yang akan diujikan, yaitu seputar proses instalasi, konfigurasi serta administrasi pada sistem operasi Windows XP Professional.

Kode dan judul ujian ini penting untuk diingat agar tidak salah dalam menentukan materi yang akan diambil mengingat sangat banyak dan beragamnya materi ujian yang tersedia.

Jika kita telah mengikuti ujian dan dinyatakan lulus maka kita akan mendapatkan sebuah sertifikat penghargaan dan berhak untuk menyandang titel atau gelar sesuai dengan ujian yang kita ikuti. Titel ini juga sebagai bukti bahwa kita memang memiliki kompetensi dalam teknologi Microsoft tersebut. 

Titel awal yang akan didapatkan jika kita dinyatakan lulus untuk satu ujian adalah MCP (Microsoft Certified Professional). Itulah sebabnya program sertifikasi Microsoft ini juga lazim disebut dengan Program Sertifikasi MCP.

Dengan mengikuti serangkaian ujian lainnya maka kita bisa mendapatkan title sertifikasi lanjutan yang tentu saja sesuai dengan bidang yang kita kuasai. Dengan kata lain, kita harus mengikuti beberapa ujian tertentu untuk mendapatkan title sertifikasi lanjutan tersebut.

Author: Dewa Y

Representative Office (Jakarta) Jl. Basuki Rachmat 8C-D - Jakarta 13320 - Indonesia Fax: 0218573508 Email: yuniardi@ebiz.co.id Mobile: 0815 115 89 555 - 0811 920 7595 WA : 08788 9292 982 PIN : 79F52F73

E-mail Newsletter

Sign up now to receive breaking news and to hear what's new with us.

Recent Articles

© 2015 Pelatihan Microsoft Office | Distributed By My Blogger Themes | Created By BloggerTheme9
TOP